silahkan download disini
RPP kls 2
RPP kls 4
RPP PAI kls 1
RPP PJOK
HARGA ?????
PESAN HARI INI, TENTUKAN SENDIRI HARGANYA!
Silahkan Bayar berapa pun, seikhlas Anda..
Ya, Anda tidak salah baca…
Anda mampunya berapa? Terserah Anda! SEMAMPUNYA!
Anda Mungkin tau bahwa product serupa dijual dengan harga lebih dari 300 ribu.
Saran Saya, mumpung Saya belum menetapkan harga untuk produk ini, silahkan pesan dengan harga berapa pun.
SEIKHLASNYA!
Dan 50% Dari Pendapatan Ini Akan Disumbangkan Kepada Fakir Miskin, Anak Yatim Dan Orang yang Tidak Mampu.
berminat...
silahkan Pesan Melalui wa 085274591537
atau Klik
berminat...
silahkan Pesan Melalui wa 085274591537
atau Klik
Pengiriman :
* Via email/WA (bebas ongkir&LEBIH CEPAT PRAKTIS Tanpa onkir
contoh
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD / MI ..........
Kelas /Semester : I/2 (Dua)
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu :
5 X 35 menit (1 kali
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
SBdP
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu.
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dan lambat.
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu.
|
·
Mempraktikkan lagu bertempo
cepat dan lambat.
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.8
Merinci ungkapan penyampaian
terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian,
ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain
dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
|
·
Menemukan ungkapan pemberian
pujian.
·
Menjelaskan ungkapan pemberian pujian.
|
4.8
Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulis.
|
·
Menuliskan ungkapan pujian dengan mengamati gambar.
|
PPKn
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
|
·
Mengidentifikasi isi sila-sila
Pancasila dengan
mengamati poster berisi teks Pancasila.
·
Mengetahui rumusan sila-sila Pancasila
dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru.
|
4.1
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila
pada lambang Garuda sila Pancasila.
|
·
Menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan permainan menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah
lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2.
Dengan
mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3.
Dengan
melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua”
bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4.
Dengan
melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung
Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5.
Dengan
mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan
pemberian pujian dengan tepat.
6.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara
lisan dengan tepat.
7.
Dengan
menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan
tepat.
8.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9.
Dengan
mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi
sila-sila Pancasila dengan benar.
10.
Dengan
menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila
Pancasila dengan tepat.
11.
Dengan
bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat
menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12.
Dengan
mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat
mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
1.
Lagu
“Bunda Piara”.
2.
Lagu
“Burung Kakaktua”.
3.
Ungkapan
pemberian pujian.
4.
Gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”.
5.
Simbol-simbol
sila Pancasila.
E. Metode Pembelajaran
Permainan/simulasi, diskusi,
tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
Media/Alat Bantu
dan Sumber Belajar
1. Alat musik seperti gitar (jika memiliki keterampilan bermain gitar).
2. Rekaman berupa contoh lagu ”Burung Kakaktua”.
3. Teks lagu ”Burung Kakaktua” sebagai panduan bagi siswa dalam
menyanyikannya.
4. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas I,
Tema 5: Pengalamanku, Subtema 1: Pengalaman Masa Kecil, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
5. Poster Teks Pancasila.
6. Rumah Juara.
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas
agar siap belajar.
2.
Salah satu siswa diminta untuk memimpin
doa.
3.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
4.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
Kegiatan Inti (145
menit)
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar. Sebagai alternatif kegiatan, guru
dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda Piara” dari Rumah
Juara.
Sumber
belajar untuk Seni Budaya dan Prakarya
Kelas 1 Tema
5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Audio Lagu Bunda Piara
|
2.
Guru menanyakan
kepada siswa apakah mereka mengenal lagu tersebut atau tidak.
3.
Siswa diajak untuk menyanyikan lagu berikutnya,
”Burung Kakaktua”, untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti
kegiatan belajar. Sebagai
alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Burung
Kakaktua” dari
Rumah Juara.
Sumber
belajar untuk Seni Budaya dan Prakarya
Kelas 1 Tema
5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Audio Lagu Burung Kakaktua
|
4.
Guru memainkan lagu dengan ketukan lambat
dan cepat secara bergantian.
5.
Siswa diminta
berdiri bersama-sama dan melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang
dimainkan atau dinyanyikan oleh guru.
6.
Setelah beberapa kali melakukan gerakan cepat maupun
lambat sesuai dengan tempo lagu, siswa diajak kembali duduk dan berdiskusi bersama.
7.
Guru menanyakan kepada siswa apa yang mereka rasakan
saat melakukan gerakan mengikuti musik yang dimainkan oleh guru.
8.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk
menyampaikan pendapatnya.
9.
Siswa diajak menyimpulkan hasil diskusi
secara bersama-sama.
10. Guru
menjelaskan mengenai makna dari tempo pada sebuah lagu.
11. Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok.
12. Guru menyiapkan
gulungan kertas bertuliskan cepat atau lambat.
13. Guru meminta
perwakilan kelompok untuk mengambil gulungan kertas dan menyanyikan lagu
”Burung Kakaktua” dengan tempo sesuai yang tertera di kertas, apakah ketukan cepat atau lambat.
14. Kelompok siswa yang
belum memperoleh giliran diminta mengamati ketepatan tempo dari lagu yang tengah dinyanyikan.
15. Lakukan sampai semua
kelompok memperoleh giliran bernyanyi.
16. Guru memberikan
apresiasi pada kelompok siswa yang telah menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” sesuai tempo yang diminta.
17. Guru membacakan cerita
yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
18. Pada saat membacakan
cerita, guru memberikan penekanan pada bagian yang berisi ungkapan pujian.
19. Selesai bercerita,
guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang telah dibacakan.
20. Guru menanyakan kepada siswa apakah
mereka mendengar ungkapan pujian dari cerita yang telah disampaikan? Sampaikan
pula pada siswa bahwa pujian adalah bentuk
apresiasi terhadap hal positif yang telah dilakukan.
21. Guru
berdiskusi bersama dengan siswa mengenai ungkapan-ungkapan yang dapat
disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain.
22. Guru memperlihatkan
kartu bergambar kepada siswa, lalu siswa diminta memberikan contoh ungkapan pujian.
23. Guru melakukan
beberapa kali ulangan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai kalimat pujian.
24. Siswa diminta menyalin
contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa. Selain itu, siswa diminta menulis
kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami di waktu kecil.
25. Siswa diminta
mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.
26. Guru menanyakan pada
siswa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila, misalnya ada
berapakah sila dalam Pancasila.
27. Guru menanyakan
kembali kepada siswa apakah mereka sudah hafal
Pancasila atau belum.
28. Siswa diajak untuk
membaca Pancasila bersama-sama.
29. Selesai
membacakan bunyi dari Pancasila, siswa diajak mengamati bunyi sila kedua
Pancasila.
30. Guru menunjukkan
kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila kedua Pancasila.
31. Guru mengacak kartu
tersebut dan siswa diminta menyusun kembali bunyi dari sila kedua Pancasila.
32. Setelah tersusun
sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan selama
sehari dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
- Kegiatan pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
H. Penilaian
- Sikap
a.
Format Penilaian Sikap Spiritual
No.
|
Nama Siswa
|
Ketaatan Beribadah
|
Perilaku Bersyukur
|
Kebiasaan Berdoa
|
Toleransi
|
||||
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
dst
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
b.
Format Penilaian Sikap Sosial
No.
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
dst
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
- Pengetahuan
a.
Bahasa Indonesia
Tes tertulis mengenai ungkapan
pujian berdasarkan gambar.
b.
PPKn
Tes lisan mengenai bunyi sila
kedua dari Pancasila.
- Keterampilan
SBdP
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
(86 – 100)
|
Baik
(71 – 85)
|
Cukup
(61 – 70)
|
Perlu Bimbingan
(≤ 60)
|
||
1.
|
Membedakan tempo cepat atau lambat pada sebuah lagu
|
Dapat membedakan tempo lagu pada saat menyanyikan-nya maupun melalui
gerakan tubuh dari awal hingga akhir lagu dengan
konsisten
|
Dapat
Membedakan tempo lagu pada saat menyanyikan-nya maupun melalui gerakan
tubuh dari awal hingga akhir lagu dengan melakukan 2–5 gerakan yang tidak
sesuai tempo
|
Dapat membedakan tempo lagu pada saat menyanyikan-nya maupun melalui
gerakan tubuh dari awal hingga akhir lagu dengan melakukan 5–10 gerakan yang
tidak sesuai tempo
|
Gerakan tubuh tidak sesuai tempo lambat atau cepat
|
Refleksi Guru
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP/NIK ............................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
(
___________________ )
NIP/NIK ............................
|
LOGO SEKOLAH
|
KOP SEKOLAH
(NAMA DAN ALAMAT SEKOLAH)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD / MI ..........
Kelas /Semester : I/2 (Dua)
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu :
5 X 35 menit (1 kali
pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
PJOK
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan,
melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
·
Menjelaskan prosedur gerak bertumpu pada
tangan dengan mengamati contoh gerak saling mendorong yang diperagakan oleh
guru.
|
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
·
Mempraktikkan gerak saling mendorong setelah
melakukan latihan dalam kelompok.
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa
daerah.
|
·
Menyebutkan ungkapan pemberian pujian setelah
mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan.
·
Mengungkapkan kalimat pujian setelah
mengamati gambar.
|
4.8 Mempraktikkan
ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan
menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dantulis.
|
·
Menuliskan ungkapan pujian setelah
membaca teks sederhana tentang pujian.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati contoh gerak saling
mendorong yang diperagakan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak
bertumpu pada tangan dengan runtun dan percaya diri.
2.
Setelah melakukan latihan dalam kelompok,
siswa dapat mempraktikkan gerak saling mendorong secara tepat.
3.
Setelah mengamati dan mendengarkan
percakapan yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian
secara lisan dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mengungkapkan kalimat pujian dengan tepat.
5.
Setelah membaca teks sederhana tentang
pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
6.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
D. Materi Pokok
1.
Gerak
senam dasar bertumpu pada tangan.
2.
Ungkapan
pemberian pujian.
E. Metode
Pembelajaran
Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
Media/Alat
Bantu dan Sumber Belajar
1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas I,
Tema 5: Pengalamanku, Subtema 1: Pengalaman Masa Kecil, Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
2. Kartu bergambar kegiatan yang dapat mengungkapkan pujian.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
(15 menit)
1.
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas
agar siap untuk belajar.
2.
Salah satu siswa diminta untuk memimpin
doa.
3.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran
sebelumnya dan mengaitkan pelajaran yang akan disampaikan.
4.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
Kegiatan Inti (145 menit)
1. Siswa
diajak berkumpul di lapangan dan melakukan pemanasan bersama-sama.
2. Siswa
diminta duduk bersama-sama membentuk lingkaran untuk bermain latihan
konsentrasi.
3. Guru
membacakan cerita yang mengandung kata ”Hitam” dan ”Hijau”. Jika guru
menyebutkan hitam, siswa harus jongkok. Jika kata yang disebutkan adalah hijau,
siswa harus berdiri.
4. Guru
mengulangi beberapa putaran.
5. Guru
bertanya kepada siswa mengenai sikap bertumpu dan bergantung yang mereka
ketahui.
6. Siswa
diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan.
7.
Guru menyampaikan kepada siswa, posisi
saling mendorong dengan bertumpu pada tangan merupakan salah satu latihan
kekuatan.
8.
Salah seorang siswa diminta menjadi contoh
dalam melakukan gerakan saling mendorong bersama dengan guru. Peragakan gerak
saling mendorong dihadapan siswa.
9.
Siswa diminta menirukan gerak yang telah
dilakukan guru secara bersama-sama.
10. Guru
mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan
tersebut.
11. Setelah
berlatih melakukan gerak senam dasar bertumpu pada tangan, guru mencatat
kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi yang dimaksud.
12. Guru mengakhiri
kegiatan olahraga dengan melakukan pendinginan dan meminta siswa berganti
pakaian.
13. Guru
membuka kegiatan dengan mengapresiasi kerja sama siswa saat melakukan proses
olahraga dengan menggunakan ungkapan pujian.
14. Guru
meminta perwakilan siswa membaca percakapan yang terdapat dalam buku siswa.
15. Siswa yang
lain diminta mengamati percakapan yang tengah berlangsung.
16. Guru
menanyakan kepada siswa apakah mereka dapat menemukan ungkapan pujian dari
percakapan yang telah dibacakan?
17. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai ungkapan pujian dan menyampaikan
pendapat mereka mengenai cara mengungkapkan pujian.
18. Guru
menunjukkan kartu bergambar kepada siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapat mengenai ungkapan pujian yang sesuai dengan isi
gambar. Guru mengulangi kegiatan tersebut beberapa kali bersama dengan siswa.
19. Siswa
diminta menuliskan ungkapan pujian yang sesuai dengan gambar yang terdapat
dalam buku siswa.
Kegiatan Penutup (15
menit)
1.
Sebagai penutup, siswa diminta melakukan
refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
2.
Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
H. Penilaian
- Sikap
a.
Format Penilaian Sikap Spiritual
No.
|
Nama Siswa
|
Ketaatan Beribadah
|
Perilaku Bersyukur
|
Kebiasaan Berdoa
|
Toleransi
|
||||
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
dst
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
b.
Format Penilaian Sikap Sosial
No.
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
dst
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
- Pengetahuan
Bahasa
Indonesia
Tes tertulis mengenai
ungkapan pujian dari gambar atau teks bacaan yang diberikan.
- Keterampilan
a. PJOK
Unjuk kerja melakukan sikap saling mendorong bertumpu pada tangan.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
(86 – 100)
|
Baik
(71 – 85)
|
Cukup
(61 – 70)
|
Perlu Bimbingan
(≤ 60)
|
||
1.
|
Melakukan
sikap saling
mendorong
dengan bertumpu
pada tangan
|
Melakukan
gerakan
tanpa
intervensi guru
|
Melakukan
gerakan
dengan
intervensi minimal
|
Melakukan
gerakan
dengan
intervensi
penuh
|
Belum mampu
melakukan
gerakan
dengan
tepat
|
b. Bahasa
Indonesia
Menuliskan ungkapan pujian.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
(86 – 100)
|
Baik
(71 – 85)
|
Cukup
(61 – 70)
|
Perlu Bimbingan
(≤ 60)
|
||
1.
|
Menulis
ungkapan
pujian
|
Kosa kata
pujian
memiliki
makna
yang tepat,
memiliki susunan kalimat yang baik, penulisan kata
tepat
|
Hanya memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi 1
kriteria
|
Belum
memenuhi
kriteria
|
Refleksi Guru
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP/NIK ............................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
(
___________________ )
NIP/NIK ............................
|