Selasa, 06 Desember 2016

Aplikasi Administrasi Wali Kelas

Aplikasi Administrasi Wali Kelas

Tugas Pokok Wali Kelas, Daftar Administrasi Kelas Yang Harus Dimiliki Wali Kelas dan Memahami Pengertian Manajemen Kelas- Kalau anda adalah seorang guru, pasti suatu waktu akan mendapat tugas sebagai wali kelas.Wali kelas merupakan tugas jabatan tambahan dari seorang guru, setara dengan jabatan lainnya dibawah wakil kepala sekolah tetapi tanggungjawabnya sama dan langsung ke kepala sekolah. Ketika pertama kali di daulat menjadi wali kelas, tentu bagi guru yang belum pernah menjadi wali kelas akan sedikit ragu dengan apa yang akan ia kerjakan nanti. Takut tidak bisa, dan takut melakukan kesalahan-kesalahan lainnya. Untuk itu alangkah baiknya sebelum anda mendapat tugas sebagai wali kelas untuk mempelajari terlebih dahulu pengetahuan tentang ilmu wali kelas. Ya, ilmu wali kelas. Karena biar bagaimanapun menjadi wali kelas itu perlu ilmunya, jika tidak mempelajarinya anda akan terhambat dan gagal menjadi wali kelas.
Wali kelas itu sama dengan wali siswa, atau orang tua siswa ketika di rumah. Bedanya wali kelas itu menjadi orang tua siswa ketika di sekolah. Tanggungjawabnya sama, mengayomi, mengarahkan siswa, dan memperhatikan siswa. Dari aktivitas mengarahkan, dan memperhatikan siswa tersebut nantinya ada report yang medeskripsikan masing-masing siswa. Mulai dari data nama, sampai ke nilai, wali kelas harus tahu persis siswanya. Untuk hal tersebut maka dibutuhkanlah yang namanya administrasi kelas, administrasi wali siswa.
Setelah memahami apa itu manajemen, apa itu kelas, berikutnya kita memahami secara utuh apa itu manajemen kelas?
Ada banyak pendapat tentang manajemen kelas. Salah satunya Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain dalam sebuah bukunya yang berjudul “Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif” (Jakarta: Rineka Cipta, 2006) bahwa, manajemen kelas adalah suatu upaya memperdayagunakan potensi kelas yang ada seoptimal mungkin untuk mendukung proses interaksi edukatif mencapai tujuan pembelajaran.
Jelas, bahwa manajemen kelas sangat perlu untuk dipahami lebih dalam oleh guru secara umum, dan wali kelas yang ingin kita bicarakan dalam artikel ini. Seorang wali kelas harus tahu bentul apa itu manajemen kelas, berikut empat proses yang harus dilakukan oleh seorang manajer, leader, pemimpin yaitu memanfaatkan orang lain yang memiliki potensi untuk mencapai segala tujuannya. Tujuannya jelas, pengelolaan kelas yang baik, beserta target-target yang ingin dicapai.
Mari kita simak, tugas pokok dari seorang wali kelas?
Dari beberapa sumber yang saya kutip, bahwa tugas dari seorang wali kelas meliputi:
Pengelolaan kelas
Pembuatan administrasi kelas yang meliputi pembuatan denah tempat duduk, jadwal piket, jadwal pelajaran, jurnal kelas dan tata tertib kelas. Ini dibuktikan dengan papan informasi yang dipasang didalam kelas, berikut data cetak lainnya
Membuat catatan siswa, hal ini untuk proses pengarsipan data identitas siswa, dari mulai biodata sampai kepada kepribadian siswa. Ini dibuktikan dengan buku identitas siswa
Mengetahui kemampuan, dan status sosial siswa
Merekapitulasi kehadiran siswa, ini dibuktikan dengan adanya buku absen kelas
Mengisi kumpulan nilai siswa. Ini dibuktikan dengan adanya ledger
Membuat catan khusus tentang siswa. Ini dibuktikan dengan adanya buku catatan siswa
Pencatatan mutasi siswa. Ini dibuktikan dengan buku mutasi
langsung saja download Aplikasi Administrasi Wali kelas disini