Kamis, 01 Februari 2018

Perangkat K.13 Revisi 2017 Bayar Se IKHLAS nya


silahkan download disini
                           RPP kls 2     
                           RPP kls 4
                           RPP PAI kls 1
                           RPP PJOK

HARGA ?????
PESAN HARI INI, TENTUKAN SENDIRI HARGANYA!
Silahkan Bayar berapa pun, seikhlas Anda..

Ya, Anda tidak salah baca…

Anda mampunya berapa? Terserah Anda! SEMAMPUNYA!

Anda Mungkin tau bahwa product serupa dijual dengan harga lebih dari 300 ribu.

Saran Saya, mumpung Saya belum menetapkan harga untuk produk ini, silahkan pesan dengan harga berapa pun.

SEIKHLASNYA!
Dan 50% Dari Pendapatan Ini Akan Disumbangkan Kepada Fakir Miskin, Anak Yatim Dan Orang yang Tidak Mampu.

berminat...
silahkan Pesan Melalui wa 085274591537

atau Klik 


Pengiriman  :


* Via email/WA (bebas ongkir&LEBIH CEPAT PRAKTIS Tanpa onkir



contoh


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                      :  SD / MI ..........
Kelas /Semester         :  I/2 (Dua)
Tema                          :  5. Pengalamanku
Subtema                     :  1. Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran            :  1
Alokasi Waktu          :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
·     Mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dan lambat.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
·     Mempraktikkan lagu bertempo cepat dan lambat.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8    Merinci ungkapan  penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
·     Menemukan ungkapan pemberian pujian.
·     Menjelaskan ungkapan pemberian pujian.

4.8    Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
·     Menuliskan ungkapan pujian dengan mengamati gambar.

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1    Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
·     Mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan mengamati poster berisi teks Pancasila.
·     Mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru.
4.1    Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada lambang Garuda sila Pancasila.
·     Menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan permainan menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila.

C.  Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2.        Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3.        Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4.        Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5.        Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
6.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
7.        Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
8.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9.        Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
10.    Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
11.    Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12.    Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.

D.  Materi Pembelajaran
1.        Lagu “Bunda Piara”.
2.        Lagu “Burung Kakaktua”.
3.        Ungkapan pemberian pujian.
4.        Gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
5.        Simbol-simbol sila Pancasila.

E.  Metode Pembelajaran
Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.


F.   Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Alat musik seperti gitar (jika memiliki keterampilan bermain gitar).
2.      Rekaman berupa contoh lagu ”Burung Kakaktua”.
3.      Teks lagu ”Burung Kakaktua” sebagai panduan bagi siswa dalam menyanyikannya.
4.      Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas I,  Tema 5: Pengalamanku, Subtema 1: Pengalaman Masa Kecil, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
5.      Poster Teks Pancasila.
6.      Rumah Juara.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.      Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
4.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

Kegiatan Inti (145 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda Piara” dari Rumah Juara.

Sumber belajar untuk Seni Budaya dan Prakarya
Kelas 1 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Audio Lagu Bunda Piara


2.      Guru menanyakan kepada siswa apakah mereka mengenal lagu tersebut atau tidak.
3.      Siswa diajak untuk menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan belajar. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Burung Kakaktua dari Rumah Juara.

Sumber belajar untuk Seni Budaya dan Prakarya
Kelas 1 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Audio Lagu Burung Kakaktua


4.      Guru memainkan lagu dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian.
5.      Siswa diminta berdiri bersama-sama dan melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang dimainkan atau dinyanyikan oleh guru.
6.      Setelah beberapa kali melakukan gerakan cepat maupun lambat sesuai dengan tempo lagu, siswa diajak kembali duduk dan berdiskusi bersama.
7.      Guru menanyakan kepada siswa apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan mengikuti musik yang dimainkan oleh guru.
8.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
9.      Siswa diajak menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
10.  Guru menjelaskan mengenai makna dari tempo pada sebuah lagu.
11.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
12.  Guru menyiapkan gulungan kertas bertuliskan cepat atau lambat.
13.  Guru meminta perwakilan kelompok untuk mengambil gulungan kertas dan menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” dengan tempo sesuai yang tertera di kertas, apakah ketukan cepat atau lambat.
14.  Kelompok siswa yang belum memperoleh giliran diminta mengamati ketepatan tempo dari lagu yang tengah dinyanyikan.
15.  Lakukan sampai semua kelompok memperoleh giliran bernyanyi.
16.  Guru memberikan apresiasi pada kelompok siswa yang telah menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” sesuai tempo yang diminta.
17.  Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
18.  Pada saat membacakan cerita, guru memberikan penekanan pada bagian yang berisi ungkapan pujian.
19.  Selesai bercerita, guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang telah dibacakan.
20.  Guru menanyakan kepada siswa apakah mereka mendengar ungkapan pujian dari cerita yang telah disampaikan? Sampaikan pula pada siswa bahwa pujian adalah bentuk apresiasi terhadap hal positif yang telah dilakukan.
21.  Guru berdiskusi bersama dengan siswa mengenai ungkapan-ungkapan yang dapat disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain.
22.  Guru memperlihatkan kartu bergambar kepada siswa, lalu siswa diminta memberikan contoh ungkapan pujian.
23.  Guru melakukan beberapa kali ulangan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai kalimat pujian.
24.  Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa. Selain itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami di waktu kecil.
25.  Siswa diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.
26.  Guru menanyakan pada siswa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila, misalnya ada berapakah sila dalam Pancasila.
27.  Guru menanyakan kembali kepada siswa apakah mereka sudah hafal Pancasila atau belum.
28.  Siswa diajak untuk membaca Pancasila bersama-sama.
29.  Selesai membacakan bunyi dari Pancasila, siswa diajak mengamati bunyi sila kedua Pancasila.
30.  Guru menunjukkan kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila kedua Pancasila.
31.  Guru mengacak kartu tersebut dan siswa diminta menyusun kembali bunyi dari sila kedua Pancasila.
32.  Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.

Kegiatan Penutup (15 menit)
  1. Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
  2. Kegiatan pembelajaran ditutup dengan doa bersama.

H.  Penilaian
  1. Sikap
a.       Format Penilaian Sikap Spiritual

No.
Nama Siswa
Ketaatan Beribadah
Perilaku Bersyukur
Kebiasaan Berdoa
Toleransi
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
1.









2.









3.









dst









BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan

b.      Format Penilaian Sikap Sosial
No.
Nama Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Santun
Peduli
Percaya Diri
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
1.













2.













3.













dst













BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan

  1. Pengetahuan
a.       Bahasa Indonesia
Tes tertulis mengenai ungkapan pujian berdasarkan gambar.

b.      PPKn
Tes lisan mengenai bunyi sila kedua dari Pancasila.

  1. Keterampilan
SBdP
No
Aspek yang dinilai
Skor
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
1.
Membedakan tempo cepat atau lambat pada sebuah lagu
Dapat membedakan tempo lagu pada saat menyanyikan-nya maupun melalui gerakan tubuh dari awal hingga akhir lagu dengan
konsisten
Dapat
Membedakan tempo lagu pada saat menyanyikan-nya maupun melalui gerakan tubuh dari awal hingga akhir lagu dengan melakukan 2–5 gerakan yang tidak sesuai tempo
Dapat membedakan tempo lagu pada saat menyanyikan-nya maupun melalui gerakan tubuh dari awal hingga akhir lagu dengan melakukan 5–10 gerakan yang tidak sesuai tempo
Gerakan tubuh tidak sesuai tempo lambat atau cepat

Refleksi Guru




Mengetahui
Kepala Sekolah,


( ___________________ )
NIP/NIK ............................

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1


( ___________________ )
NIP/NIK ............................





LOGO SEKOLAH

KOP SEKOLAH
(NAMA DAN ALAMAT SEKOLAH)
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                      :  SD / MI ..........
Kelas /Semester         :  I/2 (Dua)
Tema                          :  5. Pengalamanku
Subtema                     :  1. Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran            :  2
Alokasi Waktu          :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
PJOK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5  Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
·         Menjelaskan prosedur gerak bertumpu pada tangan dengan mengamati contoh gerak saling mendorong yang diperagakan oleh guru.
4.5  Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
·         Mempraktikkan gerak saling mendorong setelah melakukan latihan dalam kelompok.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
·         Menyebutkan ungkapan pemberian pujian setelah mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan.
·         Mengungkapkan kalimat pujian setelah mengamati gambar.
4.8  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dantulis.
·         Menuliskan ungkapan pujian setelah membaca teks sederhana tentang pujian.

C.  Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan mengamati contoh gerak saling mendorong yang diperagakan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak bertumpu pada tangan dengan runtun dan percaya diri.
2.      Setelah melakukan latihan dalam kelompok, siswa dapat mempraktikkan gerak saling mendorong secara tepat.
3.      Setelah mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan benar.
4.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dengan tepat.
5.      Setelah membaca teks sederhana tentang pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
6.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.

D.  Materi Pokok
1.      Gerak senam dasar bertumpu pada tangan.
2.      Ungkapan pemberian pujian.

E.  Metode Pembelajaran
Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas I,  Tema 5: Pengalamanku, Subtema 1: Pengalaman Masa Kecil, Pembelajaran 2.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
2.      Kartu bergambar kegiatan yang dapat mengungkapkan pujian.

G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.      Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan pelajaran yang akan disampaikan.
4.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

Kegiatan Inti (145 menit)
1.      Siswa diajak berkumpul di lapangan dan melakukan pemanasan bersama-sama.
2.      Siswa diminta duduk bersama-sama membentuk lingkaran untuk bermain latihan konsentrasi.
3.      Guru membacakan cerita yang mengandung kata ”Hitam” dan ”Hijau”. Jika guru menyebutkan hitam, siswa harus jongkok. Jika kata yang disebutkan adalah hijau, siswa harus berdiri.
4.      Guru mengulangi beberapa putaran.
5.      Guru bertanya kepada siswa mengenai sikap bertumpu dan bergantung yang mereka ketahui.
6.      Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan.
7.      Guru menyampaikan kepada siswa, posisi saling mendorong dengan bertumpu pada tangan merupakan salah satu latihan kekuatan.
8.      Salah seorang siswa diminta menjadi contoh dalam melakukan gerakan saling mendorong bersama dengan guru. Peragakan gerak saling mendorong dihadapan siswa.
9.      Siswa diminta menirukan gerak yang telah dilakukan guru secara bersama-sama.
10.  Guru mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
11.  Setelah berlatih melakukan gerak senam dasar bertumpu pada tangan, guru mencatat kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi yang dimaksud.
12.  Guru mengakhiri kegiatan olahraga dengan melakukan pendinginan dan meminta siswa berganti pakaian.
13.  Guru membuka kegiatan dengan mengapresiasi kerja sama siswa saat melakukan proses olahraga dengan menggunakan ungkapan pujian.
14.  Guru meminta perwakilan siswa membaca percakapan yang terdapat dalam buku siswa.
15.  Siswa yang lain diminta mengamati percakapan yang tengah berlangsung.
16.  Guru menanyakan kepada siswa apakah mereka dapat menemukan ungkapan pujian dari percakapan yang telah dibacakan?
17.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai ungkapan pujian dan menyampaikan pendapat mereka mengenai cara mengungkapkan pujian.
18.  Guru menunjukkan kartu bergambar kepada siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat mengenai ungkapan pujian yang sesuai dengan isi gambar. Guru mengulangi kegiatan tersebut beberapa kali bersama dengan siswa.
19.  Siswa diminta menuliskan ungkapan pujian yang sesuai dengan gambar yang terdapat dalam buku siswa.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
2.      Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.

H.  Penilaian
  1. Sikap
a.       Format Penilaian Sikap Spiritual
No.
Nama Siswa
Ketaatan Beribadah
Perilaku Bersyukur
Kebiasaan Berdoa
Toleransi
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
1.









2.









3.









dst









BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan

b.      Format Penilaian Sikap Sosial
No.
Nama Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Santun
Peduli
Percaya Diri
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
BS
PB
1.













2.













3.













dst













BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan

  1. Pengetahuan
Bahasa Indonesia
Tes tertulis mengenai ungkapan pujian dari gambar atau teks bacaan yang diberikan.

  1. Keterampilan
a.      PJOK
Unjuk kerja melakukan sikap saling mendorong bertumpu pada tangan.
No
Aspek yang dinilai
Skor
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
1.
Melakukan
sikap saling
mendorong
dengan bertumpu pada tangan
Melakukan
gerakan tanpa
intervensi guru
Melakukan
gerakan dengan
intervensi minimal
Melakukan
gerakan dengan
intervensi penuh
Belum mampu
melakukan
gerakan dengan
tepat

b.      Bahasa Indonesia
Menuliskan ungkapan pujian.
No
Aspek yang dinilai
Skor
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
1.
Menulis
ungkapan pujian
Kosa kata pujian
memiliki makna
yang tepat, memiliki susunan kalimat yang baik, penulisan kata
tepat
Hanya memenuhi 2
kriteria
Hanya
memenuhi 1
kriteria
Belum memenuhi
kriteria

Refleksi Guru




Mengetahui
Kepala Sekolah,


( ___________________ )
NIP/NIK ............................

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1


( ___________________ )
NIP/NIK ............................